Lomba Masak Menyambut Tahun Baru Imlek Wihara Amurwa Bhumi Cibinong

Oleh : Alicia Febriana Salim

Berbagai kegiatan dapat dilakukan dalam rangka menyambut Sincia/tahun baru imlek. Seperti Majelis Tridharma Amurwa Bhumi Cibinong yang mengadakan lomba masak-memasak untuk tim laki-laki dan tim perempuan.

Seusai kebaktian, sekitar pukul 19.00 pada tanggal 15 Januari 2017 diadakan lomba masak khusus untuk tim laki-laki dengan bahan dasar berupa mie. Panitia memberikan waktu 15 menit bagi para peserta untuk memasak dan menghidangkan kreasi masakan yang akan dinilai oleh tim juri. Pertandingan berlangsung sangat seru karena tiap peserta bersaing satu lawan satu dengan peserta lain dan berusaha memberikan yang terbaik.

Berbeda dengan perlombaan sebelumnya, pada tanggal 22 Januari 2017 diadakan lomba masak untuk tim perempuan dengan bahan dasar berupa daging ayam. Kali ini, para peserta bertanding dalam bentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang dengan total peserta sebanyak 6 kelompok.

Para peserta diberikan waktu sebanyak 45 menit untuk memasak dan menghidangkan kreasi olahan ayam mereka. Suasana pertandingan kali ini tidak kalah seru dengan pertandingan sebelumnya yang didominasi oleh kecakapan para lelaki dalam hal memasak. Para peserta yang adalah perempuan berhasil menunjukkan kepiawaiannya dalam hal memasak. Ada yang membuat ayam goreng mentega, ayam kungpao, ayam asam manis dan lainnya. Dimana ada perlombaan, pasti ada pemenang. Setelah rangkaian perlombaan diadakan, tiba saatnya mengumumkan para pemenang lomba. Pemenang lomba masak diumumkan pada saat perayaan Imlek seusai kebaktian sekitar pukul 7 malam. Berikut adalah daftar nama pemenang beserta dengan kreasi masakan masing-masing.

Lomba kreasi masakan berbahan dasar mie:

Juara 1 diraih oleh Bapak Suryadi

Juara 2 diraih oleh Saudara Suhendra

Dikarenakan mendapat total nilai yang sama, maka juara 3 diraih bersama oleh Bapak Suryadi Setiawan dan Bapak Anton.

Lomba kreasi masakan berbahan dasar ayam:

Juara 1 diraih oleh Kelompok 1 dengan Ibu Yeyen sebagai PIC

Juara 2 diraih oleh Kelompok 3 dengan Ibu Yulia sebagai PIC

Juara 3 diraih oleh kelompok 6 dengan Ibu Risan sebagai PIC

Acara tidak selesai ketika peserta mempresentasikan masakan dan juri mencicipi masakan para peserta. Acara dilanjutkan dengan makan bersama seluruh umat yang hadir menyaksikan perlombaan masak. Karena kembali lagi kepada esensi perayaan Sincia/tahun baru imlek yaitu kebersamaan. Sungguh pemandangan yang indah ketika melihat seluruh umat berkumpul, bersantap dan mengobrol dengan penuh tawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: