Baksos & Donor Darah TITD Liong Hok Bio Magelang

 

Oleh : Rudy Budiono

Selama perayaan Tahun Baru Imlek hingga Cap Go Meh setiap tahunnya, cukup banyak kegiatan yang diadakan di TITD Liong Hok Bio Magelang. Tidak hanya acara-acara ritual peribadatan, seperti sembahyang pergantian tahun, sembahyang kepada Cao Kun Kong dan King Ti Kong, tetapi juga acara-acara sosial; salah duanya adalah bakti sosial (baksos) dan donor darah. Baksos dan donor darah di TITD Liong Hok Bio Magelang ini diadakan pada Minggu, 15 Januari 2017 pukul 08:00 sd 12:00.

Untuk baksos, yang akan disumbangkan terutama adalah bahan-bahan pangan seperti beras, minyak goreng, dan mi instan, yang kami kumpulkan dari para umat dan juga para donatur. Sehari sebelumnya, yakni tanggal 14 Januari 2017 malam, para umat dan sukarelawan berkumpul di kelenteng untuk mengepak dan mempersiapkan bingkisan yang akan kami bagikan keesokan harinya. Meskipun ada yang capek karena baru saja pulang bekerja, dan ada juga yang sudah mulai mengantuk karena waktu yang sudah larut malam, kami tidak mengeluh karena kami tahu bingkisan-bingkisan ini akan sangat berguna bagi orang banyak.

Sistem pembagian bingkisan ini adalah berdasarkan kupon. Sebelumnya, umat dan  sukarelawan kelenteng berkeliling Kota Magelang untuk membagikan kupon kepada masyarakat yang sekiranya membutuhkan, seperti tukang becak, pemulung, dan tukang sapu. di hari H, meskipun baksos baru dimulai pukul 08:00, terlihat masyarakat yang ingin menerima bantuan sudah mulai mengantri di depan kelenteng. Tepat pukul 08:00, baksos pun dimulai setelah sebelumnya didahului dengan sembahyang bersama. Masyarakat mulai berdatangan untuk menukar kupon yang telah mereka dapat dengan bingkisan bahan pangan. Melihat raut wajah mereka yang berbahagia, terlihat sekali masyarakat sangat bersyukur bisa menerima bingkisan dari kami.

Di hari yang sama, kami juga mengadakan donor darah. Donor darah ini dilakukan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Magelang dan terbuka untuk umum. Untuk itu, kami mempromosikan acara donor darah ini ke khalayak kota dengan mengiklankannya di radio lokal, yakni Polaris FM dan GKL FM. Hasilnya, cukup banyak warga kota yang berdatangan untuk mendonorkan darahnya.

Pendonor datang dari berbagai latar belakang dan usia. Ada warga yang usianya sudah tidak lagi muda, tetapi tidak mengurungkan niatnya untuk mendonorkan darah. Ada umat remaja yang awalnya takut untuk mendonorkan darah, tetapi melihat banyaknya orang yang bersemangat untuk berdonor, akhirnya dia memantapkan diri untuk ikut berdonor darah. Ada juga anak kecil yang belum bisa berdonor darah, tetapi sangat antusias melihat cara kerja petugas PMI melakukan pengambilan darah, membuat mereka bertekad kelak setelah tumbuh besar mereka juga ingin terlibat dalam kegiatan donor darah. Adapun pihak panitia menyediakan bubur kacang hijau untuk para pendonor, yang dipercaya mampu meningkatkan kembali volume darah dalam tubuh.

Acara baksos dan donor darah ini selesai sekitar jam 12:30; setengah jam lebih lama dari yang dijadwalkan dikarenakan masih banyaknya pendonor. Meskipun begitu, semua umat dan simpatisan TITD Liong Hok Bio Magelang merasa sangat senang, karena bisa berbagi rejeki dan kebahagiaan kepada banyak orang di Tahun Baru Imlek ini. Diharapkan aksi baksos dan donor darah ini dapat menjadi agenda yang rutin diadakan setiap tahunnya, tidak hanya pada saat Tahun Baru Imlek, tetapi juga pada waktu-waktu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: