7 Tokoh Agama TAO

Agama Tao banyak melahirkan tokoh-tokoh besar yang berjasa, serta selalu mementingkan kepentingan umat manusia. Ini sangat sesuai dengan ajaran Tao yang selalu melakukan kebaikan tanpa pamrih dan juga selalu berusaha untuk memperbaiki diri dengan usaha yang bersifat alamiah.

1. Nabi Lao Zi (Hanzi : 老子)

Nabi Lao Zi hidup pada tahun 604 – 531 Sebelum Masehi. Beliau hidup pada jaman kerajaan Chou. Beliau pernah bertugas sebagai pejabat yang merawat buku-buku yang dimiliki kerajaan Chou. Oleh karena itu, beliau mempunyai kesempatan untuk membaca semua buku-buku dan menguasai teori-teori yang diajarkan oleh Wang Di. Kemasyuran Beliau dalam menyebarkan agama Tao sangat dirasakan manfaatnya hingga sekarang ini. Beliau juga mewariskan sebuah kitab yang disebut dengan “Tao Tek Cing”. Di dalam kitab “Tao Tek Cing” yang terkenal itu, dikemukakan bahwa Tao adalah sumber segala sesuatu. Tao tak tebatas dan tidak dapat habis atau musnah. Dalam “Tao Tek Cing”, Lao Zi juga menguraikan prinsip perubahan hal ihwal. Beliau mengatakan bahwa hokgie dan musibah dapat saling berubah. la juga mengetahui bahwa perubahan volume dapat mengakibatkan perubahan mutu. Ia mengatakan, jangan takut kesulitan, asal berupaya dengan bertahap, Pasti dapat menanggulangi kesulitan dan memungkinkan usaha besar. Karena ajaran-ajaran yang terkenal itulah maka Lao Zi termasuk salah satu tokoh yang disegani di dalam agama Tao. Lao Zi divakini oleh umat Tao sebagai titisan dari Maha Dewa Thay Sang Lao Cin ke dunia untuk menyebarkan agama Tao.

2. Chuang Zi (Hanzi :庄子)

Chuang Zi hidup pada tahun 369 ~ 286 Sebelum Masehi; merupakan salah satu tokoh agama Tao yang muncul setelah Lao Zi. Beliau merupakan orang Song pada abad ke-4 sebelum masehi. Beliau terkenal akan kearifannya dan kecerdasannya. Pada suatu hari Raja Negara Chu pernah mengundang Beliau untuk dijadikan Perdana Menteri tetapi permintaan tersebut ditolak oleh Chuang Zi. Beliau mempunyai keinginan untuk menyusun buku dan akhirnya berhasil menyusun buku sebanyak 3 jilid yang terdiri dari 3 bagian. Bagian pertama disusun oleh Chuang Zi, sedangkan bagian kedua dan ketiga disusun oleh para siswa dari golongan Chuang Zi. Beliau mengatakan bahwa agama Tao benar-benar berada dalam kenyataan. Agama Tao menjunjung alam dan tidak berbuat apa-apa. Dalam bidang politik, ia berpendirian tidak mengambil tindakan apa-apa, dalam bentuk penghidupan umat manusia ia berpendirian hidup dengan sederhana. Ia mengkritik dengan serius kebijakan hukum dan kekuasaan dalam sosial. Dalam bentuk penghidupan umat manusia, ia berpendapat tingkat tertinggi dalam kehidupan umat manusia adaiah bebas tak terkekang. Kebebasan terdapat di bidang semangat, bukan kehormatan material. Oleh karena karyanya yang luar biasa dalam memajukan agama Tao, maka beliau pun termasuk salah satu tokoh yang disegani pula.

3. Hua Tuo (Hanzi : 華佗)

Hua Tuo hidup pada tahun 145 – 208 Masehi. Beliau terkenal karena ilmu pengobatannya yang tiada tara. Beliau juga terkenal sebagai salah satu yang sangat pakar dalam iimu pengobatan operasi di Tiongkok pada jaman tersebut. Selain itu, beliau juga berhasil melakukan operasi pada lengan jenderal Kwan Kong yang terluka akibat terkena panah beracun dari musuhnya. Selain itu beliau juga terkenal karena dapat menemukan latihan gerakan lima jenis hewan.

4. Thio Sam Hong / Zhang San Feng (Hanzi : 張三豐)

Thio Sam Hong / Zhang San Feng hidup pada tahun 960 – 1279 Masehi. Beliau terkenal karena selain sebagai pendiri perguruan “Bu Tong Pay” juga menurunkan ilmu pengobatan serta ilmu silat kepada para muridnya. Selain itu, beliau juga mengajarkan agama Tao kepada para pengikut-pengikutnya. Beliau juga terkenal karena sebagai pencipta ilmu yang sangat tersohor yaitu “Thay Ji Quan” dan juga olah diri Chi kung. Ilmu ini ternyata bisa memperpanjang umur dan menjaga kesehatan tubuh manusia. Zhang San Feng juga tercatat sebagai tokoh yang menekankan pentingnya “ilmu kedewaan” (berusaha menjadi Dewa). Beliau juga banyak menulis buku-buku Tao.

5. Ke Hong (Hanzi : 葛洪)

Ke Hong hidup pada tahun 284 – 364 Masehi. Beliau merupakan salah satu tokoh agama Tao yang cukup terkenal di jamannya. Selain karena banyaknya bukubuku pengobatan yang ditulisnya, beliau juga sudah bisa menjelaskan tentang gejalagejala berbagai macam penyakit, diantaranya Rabies, cacar, TBC, hepatitis dan lainlain. Walaupun pada saat itu belum diketahui penyebab penyakit yang sebenarnya, namun beliau sudah mengetahui jenis penyakit ini sejak ratusan tahun yang lalu. Beliau juga menerbitkan sebuah buku yang terkenal yaitu “Bao Pu Zi”.

6. Dao Hong Jing (Hanzi : 陶弘景)

Dao Hong Jing hidup pada tahun 456 – 536 Masehi. Beliau merupakan tokoh Tao yang sangat ahli di dalam bidang astronomi ilmu pengobatan serta strategi di dalam peperangan. Beliau terutama terkenal karena ia adalah orang pertama yang berhasil dalam menyusun dan memperbaiki secara sistematis dan terperinci data ilmu obat-obatan. Buku-bukunya yang terkenal antara lain “Yang Sing Yuan Ming Luk” dan “Ben Chao Chik Zhu”.

7. Zhu Ge Liang / Gong Ming (Hanzi : 诸葛亮)

Zhu Ge Liang / Gong Ming hidup pada tahun 181 – 234 Masehi. Mendengar kata Zhu Ge Liang pastilah tidak lepas dan kemasyuran beliau dalam sejarah zaman Sam Kok, dimana beliau terkenal karena keahliannya di dalam strategi perang dan pemerintahan. Selain itu juga beliau ahli dalam bidang astronomi dan ritual-ritual keagamaan agama Tao. Beliau juga sangat terkenal di dalam membantu jenderal besar Kwan Kong di dalam peperangan demi mempertahankan negaranya (Shu). Kesetian beliau juga patut diacungi jempol, sehingga nama besar beliau di dalam deretan tokoh Tao juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: