Tempat Ibadah Tri Dharma (T.I.T.D.) Kim Hin Kiong Gresik

Nusantara merupakan wahana subur tumbuh kembangnya budaya religius Bangsa Indonesia yang luhur. Dibumi nusantara ini sejak jaman purba masyarakatnya telah memiliki keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui beragam Agama. Hal ini pada hakekatnya guna membimbing tiap insan membersihkan hati nurani, bersuci diri, dan sujud beribadah kepada Sang Maha Pencipta.

Dari sejarah kota Gresik ( untuk daerah nya sudah ada sebelum abad ke – 7, dan diakui menjadi sebuah kota pada abad ke – 14 ), dibangun pertama kalinya sebuah Tempat Ibadah Tri Dharma (T.I.T.D) dengan nama “Kim Hin Kiong”.

Tempat Ibadah Tri Dharma ( T.I.T.D ) Kim Hin Kiong Gresik ini dipersembahkan untuk puja bakti kepada Yang Mulia “Ma Co Thian Siang Seng Boo” yang dikenal sebagai Dewi pelindung lautan/samudera. Banyak versi  yang menceritakan riwayat Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo.

Dikisahkan pada Tahun Khongculik 1293 bulan 3 tanggal 23, atau bulan april tahun dinasti Thong ( Tahun 628 – 907 = 279 ), lahirlah anak perempuan dari seorang ayah Bermarga Liem Bernama Ie Gak alias Ci Sian dan seorang ibu She Tan yang dipanggil Si Hujan. Oleh ayahnya anak perempuan yang lahir saat Jim – Ngo dan Shio Be ini diberi nama Liem Biek Nio. Konon wajah nya luar biasa, menjelang saat kelahirannya, berhembuslah angin sepoi yang membawa aroma yang luar biasa harumnya. Pertumbuhan Liem Biek Nio wajar saja seperti anak perempuan pada umumnya. Tetapi dia dikaruniai kejeniusan dan daya pikirnya yang luar biasa tajamnya. Pada saat dewasa banyak lamaran dari putra – putra orang kaya atau pejabat, namun semua lamaran ditampik dengan sopan dan halus.

Seiring berjalannya waktu Liem Biek Nio jarang menampakan dirinya di depan umum. Liem Biek Nio sering sekali menolong penduduk Bi-Ciu yang sebagian besar adalah nelayan, Beliau menolong warga dengan cara muncul sebagai bayangan sosok gadis cantik belia, dengan kemurahan hatinya sering sekali nelayan ataupun penduduk yang sedang dilanda bencana ditolong atau diselamatkan oleh Nya.

Sayangnya Liem Biek Nio tidak dikaruniai panjang umur, Beliau meninggal dunia dalam keadaan Cing-Co ( duduk semedi ) dengan wajah tenang dan damai.

Untuk mengenang jasa baik pertolongan Nya, para nelayan sepakat mendirikan rumah pemujaan serta dibuatnya patung dirinya yang disanjung sebagai penolong dan pelindung para nelayan. Dengan demikian Liem Biek Nio mendapat gelar “Thian Siang Seng Boo” atau wanita suci diatas langit. Banyak kelayak ramai selanjutnya juga menyebutnya Ma Co yang berarti Ibu Yang Suci.

Berdasarkan riwayat singkat Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo dan tata letak kota Gresik yang berada di pesisir laut, maka pada abad ke – 11 didirikan Tempat Ibadah Tri Dharma Kim Hin Kiong atau Klenteng Kim Hin Kiong. Tanggal, Bulan, dan Tahun berdirinya Klenteng / T.I.T.D Kim Hin Kiong ditemukan terukir di belandar tepat berada diatas altar Thian Kong yaitu 01-08-1153.

Pada bangunan utama terdapat altar Thian Kong ( Thian Gong ) yang tepat berada didepan dekat dengan gerbang / pintu masuk klenteng, setelah altar Thian kong ada altar Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo yang tepat berada dibelakang altar Thian Kong, Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo memiliki 2 pengawal yaitu Qian Li Yan ( Jian Li Gan ) yang dapat melihat jarak jauh ( 1000 li ), Sun Feng Er ( Sun Hong Ni ) yang dapat mendengar suara dari ribuan pal jauhnya. Di altar Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo terdapat juga Rupang Li Lo Cia ( Na Zha ). Altar Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo berdampingan dengan altar Dewi Kwan Im Po Sat dan altar Dewa Kwan Kong.

Disebelah bangunan utama tepat dikanan terdapat ruangan tambahan. Disana terdapat altar Tri Nabi ( Budha, Lao Tze, Khong Hu Cu ), altar Kong Co Toa Pek Kong, altar Pek Ho Ya, dan altar Kong Co Jai Sen Yak.

Di sebelah kiri dari bangunan utama terdapat panggung wayang potehi, tempat penyimpanan peralatan sembahyang ( Dupa/hio Dll ), tempat penyimpanan Khio ( Kereta tandu ), dan juga terdapat halaman yang luas. Dibelakang bangunan utama terdapat bangunan serbaguna yang dapat digunakan untuk tempat istirahat / tidur dengan kapasitas 50 orang atau 1 bus yang dilengkapi dengantempat tidur, ac, kipas angin, TV. Di bangunan serbaguna juga terdapat etalase yang berisi berbagai Kitab Suci, dan peralatan Music juga Karaoke. Terdapat juga kantor yang berada dibagian Lantai 2 gedung serbaguna. Dapur dan Kamar mandi tepat berada disamping gedung serbaguna. Klenteng / T.I.T.D Kim Hin Kiong juga mempunyai Aula untuk kegiatan Dharma Class, dan untuk Olah Raga (Badminton, Basket, DLL) yang berada di depan bangunan utama sebelah bangunan milik warga. Untuk semua kegiatan aktif sampai sekarang.

Perlu di ketahui juga bahwa dari jaman dahulu Klenteng / T.I.T.D Kim Hin Kiong Gresik terkenal dengan Ciam Si obatnya yang sangat manjur / mujarab, Dan juga Ciam Si tentang pekerjaan, jodoh, dll. Ciam Si ini berada di altar Yang Mulia Ma Co Thian Siang Seng Boo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: