SHEN NONG DA DI 神农大帝

Shen Nong Da Di  神农大帝 ; Dikalangan rakyat, Shen Nong ( 2600SM- 2200SM ) disebut sebagai Wu GU Wang atau Raja Palawija, atau Shen Nong Da Di yang berarti Kaisar pertanian, Ia dianggap sebagai Dewa pertanian, menggajar bercocok tanam padi dan palawija. patung Shen Nong Da Di ditampilkan dengan kepala bertanduk, telanjang dada,memakai pakaian dari daun-daunan dan telanjang kaki. bentuknya sangat berlainan degan patung dewa yang umumnya dipuja. hari lahirnya pada tanggal 26 bulan 4 Imlek.

Dalam legenda, Shen Nong dianggap sebagai Dewa matahari yang disebut Yan Di. Ya Di dengan penuh kesabaran mengajar orang menanam padi dan palawija, sehingga rakjat tidak kelaparan, Ia dianggap penemu beberapa macam alat unttk pertanian seperti cangkul, garu dan bajak, Dia juga diceritakan sebagai orang pertama yang menemukan cara-cara memperoleh garam dengan menguapkan air laut, seringkali dalam dongeng Shen Nong disebut sebagai berkepala kerbau, ini disebabkan karena Ia mengajar cara-cara memanfaatkan tenaga hewan membantu bercocok tanam.

Yan Di alias Shen Nong ini ternyata tidak hanya Dewa pertanian, Dia juga seorang Dewa pengobatan. Ia selalu menggunakan lidahnya dalam mengecup rumput obat untuk mengetahui rasa dan sifatnya yang khusus seperti beracun dan tidak, panas atau dingin. berdasarkan sifat khusus inilah Shen Nong memakai rumput obat untuk mengobati rakyatnya. suatu ketika Ia mengecup rumput beracun yang disebut daun Tuan Chang Cao atau rumput pemutus usus, Beliau tewas karena mengorbankan dirinya untuk kemajuan ilmu pengobatan. Kelenteng Shen Nong Da Di bertebaran di Tiongkok daratan, di Taiwan juga terdapat Shen Nong Dian ( kuil Shen Nong ) di Tainan, di Indonesia kelenteng untuk Shen Nong Da Di terdapat antara lain di Pekalongan dengan memakai nama Bao An Dian yg berarti ” Istana Pelindung Keselamatan ” dan satu lagi didaerah Bekasi Jawa Barat dengan nama Kelenteng Ngo Kok Kiong (Istana Lima Bibit).

Shen Nong atau Kaisar Yan adalah salah satu dari Tiga Kaisar China Purba, Yang memerintah setelah Kaisar Fu Hsi. Dilahirkan di daerah Bei. Diceritakan bahwa ibunya yang mengunjungi daerah Huayang dan melahirkannya setelah menerima jiwa dari naga langit. Yan terlahir dengan tubuh manusia dan kepala kerbau. Dia bisa berbicara setelah tiga hari, merangkak dalam usia lima bulan, tumbuh gigi umur tujuh bulan dan mengetahui tentang pertanian umur tiga tahun. Pada awalnya beliau memerintah di daerah Bao Ji, di propinsi Shan Xi. Kemudian meluaskan daerahnya sampai di terusan Jiang Han dan propinsi Hu Nan.

Konon beliau memiliki sebuah cambuk sakti yang apabila dipukulkan ke tanaman, maka sifat tanaman tersebut beracun atau tidak, akan dapat diketahuinya. Oleh sebab itu beliau jugadi anggap sebagai Dewa pengobatan. Shennong punya tubuh tembus pandang dan bisa melihat dampak dari tumbuhan yang berbeda bagi tubuhnya. Dia juga melihat organ mana yang kena dampak dan mencari penangkalnya segera. Dia mengobati orang dengan tumbuhan yang sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Dia menciptakan obat-obatan Tiongkok dan menyembuhkan banyak orang dengan menggunakan tumbuhan-tumbuhan herbal ini. Untuk mengenang Kaisar Yan, buku yang paling awal tentang obat-obatan Cina diberi nama ” Akar Tumbuhan Herbal Klasik Petani Surga.” Untuk mengenang jasa beliau maka didirikanlah sebuah monumen kuburan, yang terletak di desa Bat Lu Yuan, sekitar 17 kilometer sebelah barat desa Lu Yuan, yang termasuk dalam area kota Zhu Zhou di propinsi Hu Nan. Dan untuk menghormatinya, maka nama desa LuYuan itupun diganti namanya menjadi desa Yan Ling. Selain sebagai dewa pertanian dan pengobatan, beliau juga dikenal sebagai pencetus konsep jual-beli / perdagangan, serta penemu tanaman teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: