Perbedaan Hok Tek Ceng Sin dan Tho Tek Kong

Di propinsi Hok Kian, RRC; Taiwan & negara-negara di kawasan Asia Tenggara biasanya Dewa Bumi disebut sebagai Hok Tek Ceng Sin. Di Tiongkok bagian Utara disebut Tu Di Ye. Di Tiongkok bagian Selatan disebut Tu Di Gong {Tho Tek Kong}. Selain itu orang-orang biasanya membedakan Hok Tek Ceng Sin & Tho Tek Kong dengan cara perletakannya.

Jika dipuja di atas altar lengkap dengan Bun Bu Phoa Kwa (Pengawal Sipil dan Militer) disebut Fu De Zheng Shen, dan memiliki wilayah kekuasaan yang lebih luas bukan hanya setempat/lokal saja. Sedangkan bila dipuja di bawah meja altar (= di atas tanah) tanpa pengawal disebut Tu Di Gong, kadang kala disertai istrinya Tu Di Po. Area kekuasaannya setempat saja.

Di semua tempat, Hok Tek Ceng Sin ditampilkan dalam bentuk yang hampir sama, yaitu seorang tua, berambut dan berjenggot putih, dengan wajah yang tersenyum ramah. Biasanya Hok Tek Ceng Sin tampak menggenggam sebongkah uang emas dan ru yi atau tongkat naga di tangan.

Seperti juga 城隍爺 Seng Hong Ya, Hok Tek Ceng Sin mempunyai masa jabatan yang terbatas. Jabatan Hok Tek Ceng Sin biasanya diduduki oleh orang-orang yang selama hidupnya banyak berbuat kebaikan dan berjasa bagi masyarakat. Setelah meninggal tokoh pujaan rakyat itu lalu diangkat sebagai Hok Tek Ceng Sin . Oleh karena itu tiap tempat mempunyai Hok Tek Ceng Sin tersendiri.

(Saat ini untuk arca sudah sangat sukar dibedakan antara Hok Tek Ceng Sin dan To Ti Kong, karena banyak variasi bentuk yang beredar. Tinggal dilihat dari letak penempatannya saja.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: