Feng Shui dan Ba Zi Talk Bersama Suhana Lim

Pada hari Jumat, tanggal 19 Agustus 2016 lalu tim Buletin Tridharma berhasil melaksanakan acara Feng Shui dan Ba Zi Talk dengan Bapak Suhana Lim sebagai narasumber. Feng Shui dan Ba Zi Talk kali ini mengambil tema “Karir dan Jodoh” dan terbuka untuk umum. Bertempat di Wihara Jetavana Avalokitesvara, Jl. Kartini 2 No 1, Pasar Baru – Jakarta Pusat. Acara berlangsung dari pukul 19.00 dengan diiringi hujan rintik-rintik. Namun di luar dugaan, meskipun cuaca kurang kondusif, tapi para peserta terus berdatangan dan memenuhi aula Wihara Jetavana.

Bapak Suhana Lim memulai perbincangan dengan memberikan sedikit gambaran mengenai Feng Shui dan Ba Zi. Sesungguhnya Feng Shui dan Ba Zi merupakan ilmu yang dapat dinalar, berlogika dan tidak terkait dengan unsur agama tertentu ataupun berhubungan dengan klenik mistik keparanormalan. Feng Shui bukanlah sekedar meletakkan sebuah objek di lokasi tertentu dan masalah bisa hilang. Secara sederhana dan singkatnya, Feng Shui merupakan faktor lingkungan atau eksternal karena berhubungan dengan lokasi dan bangunan, sedangkan Ba Zi adalah faktor internal karena terkait dengan tanggal lahir seseorang. Dasar-dasar utama dari feng shui dan ba zi ialah mengenai qi (energi), yin yang (keseimbangan) dan wuxing (Transformasi Lima Unsur).

Seiring dengan banyaknya penjelasan yang diberikan, rupanya semakin memancing rasa penasaran para hadiran. Para peserta pun mulai mengajukan berbagai pertanyaan seputar Feng Shui dan juga Ba Zi terkait dengan kehidupan mereka masing-masing. Tak jarang, bahkan ada seorang peserta yang mengajukan pertanyaan berkali-kali kepada narasumber.

Sebuah kejadian menarikpun terjadi, saat itu ada seorang peserta yang bertanya seperti ini kepada Pak Suhana “Pak, saya lahir tanggal sekian bulan sekian dan tahun sekian. Kalau begitu saya memiliki unsur apa yah?”. Dengan sigap, Pak Suhana memberikan jawaban berikut: “Kalau saya bisa langsung tahu unsur yang Anda miliki, itu namanya saya seorang dukun!” sontak aula wihara menjadi riuh olehgelak tawa peserta. Satu hal yang menjadi catatan untuk semua adalah, untuk mengetahui unsur yang dimiliki seseorang, perlu dilakukan analisis mendalam mengenai komponen tanggal, bulan, tahun dan jam lahir. Analisis tersebut dinamakan analisa Ba Zi. Keempat komponen tersebut memiliki nilai tersendiri yang dapat dianalisis untuk menentukan unsur seseorang. Jadi, jika Anda hanya melihat tahun lahir untuk menentukan unsur seseorang maka nilai kebenarannya hanya 25%. Itu mengapa, kalau kita mengandalkan informasi mengenai peruntungan dari sekedar analisa shio (tahun lahir) saja, maka kebenaran/keakuratannya pun hanyalah 25% saja!

Hingga acara selesai sekitar pukul 21.00 tercatat sekitar delapan puluh peserta yang berpartisipasi dalam Feng Shui dan Ba Zi Talk kali ini.Sungguh di luar dugaan, karena jumlah ini jauh di luar ekspektasi tim Buletin Tridharma. Tidak hanya itu, ternyata diantara para hadiran, terdapat tamu spesial, yaitu Bapak Gunawan Widjaja. Beliau adalah pemilik Rumah Kayu Goen di Cipari – Tangerang dan menjadi kurator keluarga Cendana sejak zaman Orde Baru. Percaya atau tidak, bahkan Prayogo Pangestu, yang adalah “Raja Perkayuan,” termasuk pelanggan beliau. Dan masih banyak lagi konglomerat dan tokoh terkenal yang menjadi pelanggan serta meminta pendapat dalam masalah kayu. Pada waktu yang sama, beliau mendanakan sebuah lampion (deng long) kayu dengan dihiasi ukiran warna-warni yang menarik, hasil karya beliau kepada Wihara Jetavana Avalokitesvara.

Terkait dengan Feng Shui dan Ba Zi yang dibahas, berikut adalah sedikit rangkuman mengenai unsurunsur berikut dengan sifat serta bidang usaha yang cocok dilakukan.

Air

Orang dengan elemen Air yang dominan, biasanya cenderung cerewet. Bisnis yang masuk kategori elemen Air antara lain ialah bidang yang terkait dengan hasil dari dalam air (sungai, danau, laut), seni musik, IT dan komunikasi.

Logam

Orang dengan elemen Logam yang dominan, biasanya cenderung keras kepala / auban. Contoh bisnis yang masuk kategori elemen Logam adalah fitness center, produk dari kulit asli dan beladiri (martial arts), otomotif, toko perhiasan.

Kayu

Orang dengan elemen Kayu yang dominan, cenderung untuk kaku dalam metode kerja. Prinsipnya: “my way or no way.” Bisnis yang termasuk kategori elemen Kayu adalah kertas, tekstil, pendidikan, obat-obatan tradisionil, buah dan sayuran, tanaman, furnitur.

Tanah

Orang dengan elemen Tanah yang dominan, memiliki empati dan simpati yang tinggi, lamban bahkan pada level yang ekstrim cenderung malas! yang berkaitan denga nelemen Kayu adalah sembako, akomodasi, peternakan, dan tambang.

Api

Orang dengan elemen Api yang dominan, umumnya bertemperamen tinggi, kepribadian hangat, energetik. Bisnis yang berkaitan dengan elemen Api adalah peralatan listrik, barang elektronik,minuman beralkohol, seni lukis dan kosmetik.

Atas ide dan usulan Pak Suhana, tim Buletin Tridharma mengadakan acara lelang analisis Ba Zi di penghujung acara. Menurut Pak Suhana, ini adalah bentuk “CSR (Corporate Social Responsibility)” pribadi yang selalu dilakukannya. Pada awalnya lelang analisis Ba Zi terbatas hanya untuk tiga orang peserta. Namun karena begitu tingginya animo para peserta, akhirnya pada akhir lelang analisis Ba Zi jadiberjumlah lima orang peserta.

Kegiatan lelang ini menghasilkan dana sebesar Rp. 15.5 juta, yang mana seluruhnya didanakan kepada Wihara Avalokitesvara Jetavana untuk kepentingan renovasi. Untuk informasi, seluruh dana diatas telah diserahkan kepada Wihara Avalokistevara pada tanggal 17 Oktober 2016.

Kami segenap tim Buletin Tridharma menghaturkan terima kasih kepada Bapak Suhana Lim atas kemuliaan hatinya dalam menjalin jodoh dan karma baik dengan Wihara Jetavana dan tim Buletin Tridharma. Semoga dengan jasa-jasa kebajikan yang telah dilakukan dapat mengkondisikan semua makhluk berbahagia. Semoga di waktu yang akan datang tim Buletin Tridharma tetap dapat mengadakan kegiatan serupa untuk menambah wawasan umat Tridharma pada umumnya dan para pembaca setia Buletin Tridharma pada khususnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: