Wu Fu Da Di

Wu Fu Da Di 五福大帝( Ngo Hok Tay Te – Hokkian ) adalah Dewa pelindung kota Fu-zhou 福州. Menurut cerita, pada jaman Dinasti Tang 唐朝 akhir, ada lima orang sarjana dalam perjalanan ke ibukota untuk menempuh ujian.Mereka berlima tinggal di sebuah rumah penginapan di dalam kota Fuzhou. Pada malam itu mereka mendengar pembicaraan para malaikat bahwa wabah penyakit akan melanda daerah itu. Untuk menolong rakyat dari bencana tersebut, mereka menerjunkan diri ke dalam sumur di lima tempat untuk mengingatkan rakyat akan bencana itu. Penduduk Fu-zhou sangat berterima kasih dan untuk mengenang pengorbanan mereka, kelima orang itu diangkat sebagai Dewa pelindung kota Fu-zhou 福州地方保護神 .

  1. Zhang Yuan Bo 張元伯, bergelar Xian Ling Gong 顯靈公 yang berarti Datuk yang memperlihatkan keajaiban. Hari lahimya tanggal 10 bulan 7 Imlik.
  2. Zhong Shi Xiu 鍾士秀, bergelar Ying Ling Gong 應靈公 artinya Datuk yang menjawab keajaiban. Hari lahirnya tanggal 10 bulan 4 Imlik.
  3. Liu Yuan Da 劉元達, bergelar Xuan Ling Gong 宣靈公 yang berarti Datuk yang mengumumkan keajaiban. Hari lahirnya diperingati pada tanggal 3 bulan 3 Imlik.
  4. Zhao Guang Ming 趙公明, bergelar Zhen Ling Gong 振靈公 yang berarti Datuk yang menggoncangkan keajaiban. Hari lahirnya diperingati pada tanggai 15 bulan 3 Imlik.
  5. Shi Wen Ye 史文業, bergelar Yang Ling Gong 揚靈公, yang berarti Datuk yang menyebarkan keajaiban. Hari lahirnya diperingati pada tanggal 1 bulan 9 Imlik.

Mereka mempunyai anak buah yang sering ditampilkan bersama-sama yaitu Yin Yang Gong 阴阳公( Datuk Peramal ), Gong Cao Si 功曹司 ( Pengawas bagian pencatat perbuaian dan jahat ), Su Bao Si 速报司( Pegawai bagian laporan cepat ), Bao Xia Jiang Jun, ditambah dengan tujuh pengawal dan enam pegawai lagi.

Pada jaman akhir Dinasti Qing 清朝 , tentara yang berasal dari daerah Fu-zhou,membawa patung mereka untuk dipuja di Taiwan, mereka mendirikan kelenteng yang disebut Bai Long An 白龙庵 ( Biara Naga Putih ). Sekarang pemujaan Wu Fu Da Di 五福大帝 dipindahkan ke Yuan He Gong, kota Tai nan 台南.
dipetik dari buku Dewa – Dewi Kelenteng 
hal 286 .

Sumber: Taysengbio manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: