WORKSHOP MAKANAN & KUE KHAS SEMBAHYANG, Hok Tek Bio, Cibinong | 28 Mei 2017

WORKSHOP MAKANAN & KUE KHAS SEMBAHYANG

Perkumpulan Muda Tridharma (PERMATA)

Hok Tek Bio, Cibinong – Bogor | 28 Mei 2017

Bogor (28/5) – Workshop Makanan dan Kue Khas Persembahyangan yang diadakan oleh Perkumpulan Muda Tridharma berjalan dengan sangat lancar. Pada acara kali ini, Perkumpulan Muda Tridharma memiliki fokus agar generasi muda Tridharma dapat mengetahui dan mempraktikkan penggunaan dan pembuatan Makanan dan Kue Khas Persembahyangan yang biasa dijumpai demi lestarinya tradisi dan budaya tionghoa.

Greysia Susilo Junus, yang merupakan pemerhati budaya tionghoa menjadi narasumber pada workshop dan seminar kali ini. Greysia atau yang kerap disapa Ci Grey, menceritakan tentang asal-usul dan jenis-jenis dari beberapa makanan dan kue khas perayaan tionghoa. Beliau juga menjelaskan bahwa misalkan dalam satu perayaan, bisa saja makanan dan kue khas perayaan yang ada dapat berbeda bergantung pada suku, dan juga asal tempat tinggal dari suku tersebut. Perbedaan yang paling mencolok adalah antara suku-suku dari Tiongkok bagian utara dan bagian selatan karena memang bergantung pada iklim yang lebih panas dan lebih dingin.

Para peserta sangat antusias pada saat sesi workshop membungkus bakcang. Paling tidak sudah ada 50 bakcang lebih yang telah terbungkus dalam kurun waktu 90 menit. Workshop bakcang sendiri dibantu oleh pengurus dan umat dari Hok Tek Bio, Cibinong – Bogor yang memang sudah mumpuni dalam membungkus bakcang. “memang kita sebagai muda-mudi harus tahu sih untuk membungkus bakcang, agar nanti kita bisa lestarikan,” kata Ketua Umum PERMATA, Alicia Febrian.  

“Acaranya bagus sekali, memang Workshop dan seminar ini memang apa yang dibutuhkan pemuda-pemudi Tridharma sekarang. Karena memang kita sadari atau tidak, ada penggerusan budaya,” komentar dari salah satu peserta terhadap acara ini.

Acara ditutup dengan doa penutup dan pembagian Bakcang yang telah direbus selama 2-3 jam. Tepat pada pukul 15.00, keseluruhan acara telah selesai tetapi para peserta enggan meninggalkan Hok Tek Bio, Cibinong – Bogor dan berselfie dengan bakcang buatannya masing-masing.(wb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: