Tour De Waisak 2018

Bersama dengan Diamond Enterprise Tour and Travel, kami berhasil membawa tour de waisak ke Jawa Tengah selama empat hari tiga malam dimulai dari tanggal 27 – 30 mei 2018. Perjalanan dimulai pada hari minggu, 27 mei pkl.05.00 dengan menggunakan Bus Arion 48 seat dari Jalan Gedong Panjang, Jakarta Barat. Peserta tour diikuti oleh berbagai umat Tridharma dari Jabodetabek yang sangat antusian selama mengikuti tour ini.

Pada tour de waisak kali ini, tour guide mengajak para peserta untuk berkunjung / dharmayatra ke tempat – tempat yang disucikan, oleh umat Tridharma yaitu Kelenteng. Selama dalam perjalanan suasana dihibur oleh karaoke yang dinyanyikan oleh beberapa peserta tour di dalam bus, dan tak sedikit peserta yang ikutan bernyanyi bersama terutama pada saat diputarkan lagu jadul, hehe.. maklum sebagian peserta yang ikut tour ini usianya rata – rata sudah di atas gocap.

Tujuan pertama yang disinggahi adalah Kelenteng/ Tempat Ibadah Tri Dharma Po An Thian Pekalongan, Kelenteng dengan Dewa Utama Y.M. Kongco Shen Nong Da Di/ Ngo Kok Ong. Pas disiang hari sekitar pkl.11.30 an kami sampai disini, hal pertama yang dilakukan oleh para peserta adalah bersembahyang terlebih dulu, setelah itu dilanjutkan dengan makan siang bersama diaula kelenteng yang sudah disiapkan oleh panitia.

Perjalanan berlanjut ke arah Semarang dengan tujuan singgah ke Kelenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok, setibanya disana kami semua memberikan penghormatan/ bersembahyang bersama. Tiba di sini pada waktu senja sore hari, jadi suasana tidak terlalu terik. Para peserta yang belum pernah singgah di sini sangat terpesona dengan nuansa bangunan Kelenteng yang masih terjaga keasliannya, karena Kelenteng ini adalah salah satu bagian dari Kelenteng tua di Kota Semarang.

Kami pun masih harus melanjutkan perjalanan menuju Kota Magelang, untuk bermalam dan istirtahat di sana. Tiba di Magelang Pkl.20.00 setibanya di sana kami pun langsung mendapatkan sambutan dari para Pengurus  dan umat Liong Hok Bio Magelang, dan  para peserta terpesona kembali melihat kemegahan Kelenteng Liong Hok Bio Magelang. Seusai memberikan penghormatan, kami lanjutkan dengan makan malam bersama dan istirahat.

Esok harinya senin, 28 mei . di Magelang peserta sudah standby  pkl.05.00 Pagi sudah ready heuheu.. luar biasa antusiasnya, karena pada pagi hari jam 8 pagi akan diadakan acara Pindapata Waisak bersama Walubi yang dihadiri oleh 80 anggota Sangha. Pindapata berlangsung dengan hikmad dan lancar, sebelum acara berakhir pkl.09.30 kami melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan. Tiba di Candi Prambanan saat siang hari, lagi sedeng panas panasnya. Tapi tidak menyurutkan semangat para peserta untuk berfoto ria di area candi.

Makan siang bersama di Jejamuran Yogyakarta, semua menu yang dihidangkan terbuat dari jamur, sangat cocok bagi yang cia cai/ vegetarian. Setelah makan siang lanjut lagi beli oleh – oleh untuk keluarga dirumah.

Sore hari mampir ke Hok An Kiong Muntilan, peserta bersembahyang bersama dan istirahat sejenak disela – sela itu peserta melakukan penggalangan dana pembangunan untuk Kelenteng Hok An Kiong Muntilan, yang saat ini sedang melakukan renovasi. Dana yang dihimpun langsung kami serahkan kepada Pengurus Kelenteng, yang kebetulan saat itu secara khusus menyambut kedatangan kami.

Kembali pulang ke Magelang untuk istirahat, karena selama tour ini kami menginap di Kelenteng Magelang. Sampai pkl.19.30 an kami pun langsung makan malam bersama dan setelah itu istirahat, karena esok pagi masih ada dua Kelenteng lagi yang harus dikunjungi  di daerah Parakan dan Temanggung.


Selasa, 29 mei pkl.05.00 kami sudah berangkat menuju Kelenteng Hok Tek Tong Parakan, sampai disana pkl.06.30 pai – pai dan foto bersama, karena mengejar acara prosesi waisak di candi mendut kami tidak bisa berlama – lama. Lanjut ke Kelenteng Kong Ling Bio Temanggung untuk pai – pai lagi, sampai di Temanggung peserta istirahat sejenak sambil minum teh dan icip – icip cemilan, lanjut dengan foto bersama.

Tiba di Candi Mendut untuk mengikuti Prosesi Waisak 2562 menuju Candi Agung Borobudur, peserta bergabung bersama rombongan dari MARTISIA Jawa Tengah. Di tengah panas terik ribuan umat mengikuti ritual prosesi waisak sampai ke Borobudur. Tiba sore hari dan beristirahat di masing – masing tenda Majelis yang ada, kami di tenda MARTRISIA melakukan doa bersama dan makan bersama.

Menjelang malam hari menuju detik – detik waisak, peserta bersama – sama menuju ke Altar Utama Candi Borobudur untuk kebaktian bersama . Setelah doa bersama, dan mendengarkan khotbah dharma dari para Anggota Sangha serta melihat pertunjukan paduan suara, kemudian prosesi mengelilingi candi, dan pelepasan lampion terbang, tak terasa waktu mulai larut peserta yang sangat antusias mulai lelah, dan langsung menuju ke bus untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan pulang kembali ke Jakarta.

Tepat pada waktu tengah malam kami bersama peserta  Diamond Enterprise Tour and Travel, langsung melanjutkan perjalanan pulang dan istirahat di bus, dan sampai di Jakarta pada pagi hari tanggal 30 mei pkl.10.00 . Tanggapan yang diberikan oleh para peserta sangat baik dan mereka berpesan untuk bikin lagi tour religi ke daerah lain, sampai ada beberapa peserta yang bilang “ikut tour ini enak, snack nya dapat banyak.! Bisa naik berat badan karena diajak makan terus”.

Demikian sekilas cerita perjalanan kami keliling Kelenteng di Jawa Tengah dan Ikut Waisak bersama di Candi Agung Borobudur, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para Pengurus Kelenteng/TITD yang sudah memberikan sambutan kepada kami, dan para peserta tour de waisak ini. Semoga dikemudian hari bisa bertemu kembali. Dan kami pun bisa buat tour lagi ke daerah lain, tentunya teman – teman harus ikut juga ya? hehehe…

Salam Tridharma..

Zhu Ni Hao.. Semoga Anda Baik Selalu.

Oleh : Rangga Sastrajaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: