SEKILAS MENGENAI Y.M. KONGCO CHENG GOAN CHENG KUN

Wu An Zhen Jun 武安神尊 disebut juga Qing Yuan Zhen Jun 清元真君 atau secara umum disebut Da Shi Gong 太史公 (Tai Su Kong-Hokkian). Ia merupakan Dewa pelindung daerah Chang Tai dan sekitarnya. Asal – usul Da Shi Gong 太史公 diceritakan sebagai berikut:

Pada jaman Dinasti Ming (1368-1644) di Shi Wu Du dekat An Cun kira-kira 50 Li dari Tong An, sedang didirikan sebuah pos penjagaan, di tempat itu ditugaskan seorang pria yang berasal dari Guan Jiang Kou, Propinsi Sichuan untuk menjaga. Pria ini seringkali bersembahyang berlama-lama didepan altar pemujaan untuk Dewa Er Lang Shen 二郎神 (Ji Long Sin-Hokkian), dan ia ditemani oleh seekor anjing.

Pada suatu hari terjadi huru-hara di daerah itu dan seorang pria penjaga terbunuh, sedangkan pos penjagaannya dihancurkan. Pedupaan/ Hiolo tempat pemujaan Dewa Er Lang Shen 二郎神 tergeletak di tepi jalan dan seekor anjing itu masih tetap setia menunggu altar tersebut.  Suatu ketika anjing itu menggonggong dan pedupaan/ hiolo itu dibawanya naik ke gunung Feng Shan, di sana sang anjing meneruskan penjagaannya terhadap pedupaan/ hiolo yang dibawanya itu. Orang-orang desa sangat heran dan terharu akan kesetiaan anjing penjaga yang mendampingi pria penjaga itu, lalu warga desa mendirikan tempat berteduh dan menancapkan beberapa batang Hio di atas altar pemujaan dengan hiolo yang dibawa anjing itu.

Beberapa waktu kemudian, anjing itu lenyap tak diketahui kemana perginya. Ternyata kemudian kesaktian dari Dewa di gunung itu terbukti dalam beberapa kejadian, sehingga oleh penduduk didirikanlah sebuah rumah pemujaan/ kelenteng. Kesulitan terjadi pada saat akan membuat patung pemujaan sang Dewa, karena rupa dari sang Dewa tidak diketahui. Seorang penduduk kemudian bermimpi, bahwa kalau ingin melihat wajah sang Dewa, boleh meniru wajah seorang pejabat tinggi yang akan lewat besok paginya. Betul saja, keesokan harinya lewat seorang pejabat yang bergelar Shi Zhi Zhi Hui Da Shi yang berwajah tampan dan muda.

Maka patung sang Dewa dipahat berdasarkan wajah sang pembesar dan disebut Da Shi Gong 太史公 Kemudian dibuatkan patung beberapa pengawal yang ditempatkan di kiri kanan Da Shi Gong dan sebuah patung anjing yang diletakkan di bawah meja sembahyangnya. Versi ini menghubungkan pemujaan antara Da Shi Gong 太史公 dengan Er Lang Shen 二郎神. Kemiripan ini diperdekat lagi dengan disertakan patung anjing dalam pemujaannya.

Keleteng Tek Hay Kiong Tegal, Jawa Tengah

Sebuah versi dari Xia men menunjukkan bahwa disitu terdapat juga sebuah kelenteng Da Shi Gong dengan versi yang tak jauh berbeda. Dikisahkan bahwa dua Dewa datang bersama-sama ke pulau itu dan berbuat banyak kebajikan untuk penduduk setempat. Kemudian orang-orang mendirikan kelenteng untuk menghormati mereka berdua. Hal tersebut juga cocok dengan kisah-kisah yang beredar di Singapura dan Jakarta, Indonesia sehubungan dengan asal-usul Da Shi Gong. Hanya kelenteng di Jakarta dan Singapura menampilkan Da Shi Gong sebagai seorang pejabat militer berpakaian perang dari emas dan membawa pedang dengan wajah merah muda disertai beberapa pengirinya. Dan di Indonesia kelenteng yang terdapat tempat pemujaan Da Shi Gong / Cheng Goan Cheng Kun ini ada di Kelenteng Toa Se Bio Jakarta dan Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal, Jawa Tengah.


Sumber: Dikutip dari buku Dewa Dewi Kelenteng Hal 299.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: