Nonton Gambang di Sejit Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Sejit Yang Mulia Kongco Hian Thian Siang Tee/ Xuan Tian Shang Di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi, Jawa Barat

Hari kelahiran/Sejit Yang Mulia Kongco Hian Thian Siang Tee juga diperingati dan dirayakan di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi. Serangkaian acara sejit sudah dimulai sejak tanggal 19 April sampai dengan 21 April.

Perlu diketahui bahwa Sejit Yang Mulia Kongco Hian Thian Siang Tee jatuh pada bulan ketiga tanggal 3 penanggalan Imlek (Sha Gwee Ce Sha). Setiap tahun Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi rutin mengadakan Sejit Yang Mulia Kongco Hian Thian Siang Tee (Dewa Penguasa Langit Bagian Utara).

Rangkaian acara berupa Pembacaan Liam Keng bersama Para Pandita Tridharma Bekasi di Kelenteng Hok Lay Kiong, Acara Musik dari sejumlah Band, Parade Liong dan Barongsai dari Perguruan Ching Lung dan Singa Mas, Persembahyangan Bersama yang dipimpin oleh Taosu Dhammiko Kusumo, tak lupa juga Gambang Kromong Shinta Nara yang dihelat untuk memeriahkan acara Sejit Kongco.

Tak ketinggalan para ibu dari Kelenteng Hok Lay Kiong menyajikan suguhan istimewa berupa prasmanan nikmat berbagai macam makanan vegetarian (Cia Cay) dan non vegetarian. Nampak juga rekan-rekan dari Pemuda Tridharma Indonesia Daerah Bekasi bekerja sama dengan beberapa pemuda cabang wihara di Bekasi yang siap sedia membantu para ibu menyiapkan makanan dan minuman untuk para umat dan tamu yang hadir.

Selain banyaknya umat Tridharma dan tamu yang bersembahyang ke Kelenteng Hok Lay Kiong juga banyak umat dan masyarakat sekitar yang sangat antusias untuk melihat pertunjukan kesenian khas acara Sejit pada umumnya, yaitu Gambang Kromong. Gambang kromong yang sedianya pentas sedari hari Minggu cukup menarik animo masyarakat sekitar kelenteng untuk menyaksikannya hingga hampir tengah malam. Ini juga menjadi bukti bahwa acara sejit seperti ini mampu menyatukan perbedaan diantara warga masyarakat yang hadir.

Salam Tridharma

Zhu Ni Hao ( Semoga Anda Baik Selalu )

By : Relawan Sam Kauw