Feng Shui – Periode “Beracun” – Oleh: Suhana Lim

Salah satu ungkapan dalam tradisi Tiongkok ialah: “Menggantung cabang Willow pada Qingming dan menggantung Calamus dan Wormwood pada Duanwu.” Dan hari ini, Senin 18 Juni 2018 adalah hari ke lima bulan ke lima berdasarkan penanggalan Imlek. Hari 端午节 duānwǔ jié atau yang lebih populer disebut sebagai hari makan bakcang atau bacang atau 粽子 zòngzi.

Sudah terlalu banyak pihak dan terlalu umum untuk membahas mengenai 粽子 zòngzi. Demikian juga, bukan tak mungkin telah terlalu banyak dari kita menyantap bakcang di hari-hari terakhir ini. Kebanyakan makan bakcang bisa bikin begah dan engap, apalagi bakcang dari ketan.

Pada duānwǔ jié alias 龙船节 lóngchuán jié, ada pula tradisi menggantungkan Calamus dan Woodworm pada kusen pintu depan rumah. Tradisi, yang adalah satu paket dengan membuat bakcang, ini mungkin di jaman Now sudah jarang dilakukan.

Duānwǔ jié umumnya jatuh pada bulan Mei hingga Juni (musim panas) pada penanggalan Internasional. Periode, yang berdasarkan sistim penanggalan agraria Tiongkok kuno, adalah bulan-bulan yang “beracun!” Ini maksudnya,periode dimana serangga dan hama sedang sangat aktif-aktif nya. Calamus dan Woodworm memiliki aroma khas yang bisa menjadi “pengusir” serangga. Kira-kira kalau pada jaman Now, adalah alat buat pengusir serangga dan hama. Jadi tradisi menggantungkan dahan Calamus dan Woodworm berguna untuk penghalau serangga dan atau hama.

Selamat merayakan Duānwǔ jié 2018. Semoga kita semua dijauhkan dari segala macam “hama dan serangga” dalam hidup. Semoga kita semua senantiasa sehat walafiat!

Suhana Lim (Konsultan Feng Shui Internasional)

Suhana Lim
(Konsultan Feng Shui Internasional)

Website: www.suhanalimfengshui.com
Email: suhanalim@gmail.com
Facebook: Suhana Lim (url)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: