Da Shi Zhi Pu Sa

MAHASTHAMA PRATA BODHISATVA.

大勢至菩薩 :

Da Shi Zhi Pu Sa 大勢至菩薩 (Tay Su Ci Po Sat – Hokkian) adalah salah satu Boddhisatva terkemuka dalam aliran Sukhavati (tanah sua). Namanya dalam bahasa Sanskerta adalah Mahasthama Praia yang berarti “yang telah mencapai kekuatan universil”, sebab itu ia disebut sebagai Boddhisatva dengan kemampuan universil.

Da Shi Zhi Pu Sa 大勢至菩薩 merupakan percerminan dari sifat Omitofo (Amitabha Buddha), yaitu kebijaksanaan, sedangkan Guan Yin Pu Sa mencerminkan segi ke-welas-asihan nya. Ia mencapai tingkatan Boddhisatva setelah melewati dan melaksanakan praktek Dharma dan selalu meyebut nama Buddha pada masa itu. Pada waktu Omitofo menjadi Buddha, ia bersama Guan Yin menjadi muridnya dan bertugas membimbing para penganutnya ke Tanah Suci Sukhavati pada waktu mereka meninggal dunia. Dalam kitab suci (sutra) Shurangama disebutkan “ketika Amitabha mengundurkan diri sebagai pengajar di Sukhavati, Guan Yin akan menggantikan kedudukannya. Dan bila saatnya tiba bagi Guan Yin untuk mengundurkan diri, Da Shi Zhi-lah penggantinya”.

Da Shi Zhi Pu Sa, konon mempunyai kekuatan yang teramat besar, kalau ia mengangkat tangannya atau menggerakkan salah satu anggota tubuhnya, bumi akan bergoncang – goncang. Meskipun Boddhisatva ini populsr dikalangan Tiongnoa, tapi penganutnya tidak banyak dan hampir tidak ada satu kuilpun diperuntukkan penghormatan – penghormatan kepadanya. Umumnya ia dipuja dalam bentuk Tiga Serangkai dengan O Mi Duo Fo dan Guan Yin, seperti yang sering tampak dalam gambar – gambar.

Tidak seperti Guan Yin yang memberikan pertolongan kepada siapa saja yang menderita, Da Shi Zhi mengulurkan tangan hanya kepada mereka yang betul – betul menerapkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari – hari dan berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan. Sebab itu penganutnya tidak sebanyak Guan Yin. Konon, Da Shi Zhi mempunyai Altar Teratai yang akan dipinjamkan kepada mereka yang menyebut namanya, supaya dapat dikendarai untuk mencapai Tanah Suci Sukhavati. Sebab itu para penganut Buddhist yang taat beribadat tak ragu – ragu menyebut namanya dalam usaha untuk memperoleh pencerahan. Hari lahir Da Shi Zhi Pu Sa diperingati pada tanggai 13 bulan 7 Imlik. #

dipetik dari buku Dewa – Dewi Kelenteng.
hal 361 – 362 .

Sumber: Taysengbio Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: